07 Januari, 2012


Jatuh adalah masalah besar pada usia lanjut,
karena banyak sekali akibat berkepanjangan
yang akan merubah hidup mereka,

dan juga pengasuhnya..

Meskipun Anda tidak bisa menghentikan diri dari penuaan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dan lingkungan, sehingga dapat meminimalkan risiko jatuh dan membantu untuk menjaga diri sehat dan kuat.

  1. Menjadi aktif secara teratur. Dengan terlibat dalam olahraga ringan yang sesuai untuk usia Anda, Anda dapat membantu meningkatkan kekuatan Anda, menjaga keseimbangan dan membantu diri Anda sendiri tetap lentur.
  2. Bekerja dengan dokter Anda atau apoteker untuk memahami efek dari semua obat resep maupun obat bebas yang Anda konsumsi. Beberapa mungkin mempengaruhi keseimbangan Anda, dapat membuat Anda lebih lelah atau menyebabkan kebingungan. Semua hal ini dapat membuat Anda merasa kurang stabil pada kaki Anda.
  3. Apakah pencahayaan dalam dan luar rumah Anda cukup terang? Jika tidak, memperbaiki masalah ini sekarang sehingga Anda tidak jatuh.
  4. Periksakan mata Anda secara teratur. Jika penglihatan Anda memburuk, buat modifikasi yang diperlukan untuk membantu Anda menemukan hal yang Anda butuhkan dengan mudah di rumah Anda.
  5. Apakah ada benda atau potongan furnitur yang terserak di dalam rumah? Jalur yang sering Anda lalui di rumah harus cukup lapang dan aman. Pindahkan semua kabel listrik keluar dari jalan Anda. Perhatikan pemasangan karpet yang benar, karena karpet yang licin atau ujungnya tergulung sering sekali menyebabkan jatuh.
  6. Pakailah sepatu anti selip dan tidak tinggi yang akan membantu Anda menjadi lebih stabil. Hindari memakai sandal yang terlalu besar dan bisa menyebabkan Anda tergelincir. Juga hindari hanya memakai kaus kaki atau stoking tanpa sepatu, yang juga bisa membuat Anda lebih mungkin untuk tergelincir.
  7. Letakkan lampu terang, telepon dan lampu senter dekat tempat tidur Anda. Juga menjaga lampu malam di dalam kamar mandi Anda setiap saat.
  8. Mengatur lampu di rumah Anda sehingga Anda dapat mengubah mereka segera setelah Anda memasuki sebuah ruangan, daripada harus berjalan dalam kegelapan untuk mengaksesnya.
  9. Pastikan pakaian Anda, makanan, pengobatan dan lainnya. Semua ditempatkan dalam jangkauan sehingga Anda tidak perlu regangan untuk mengambilnya sehingga mengurangi risiko jatuh.

Perhatian:

  • Memahami bahwa kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung bisa menyebabkan pusing, yang meningkatkan risiko jatuh.
  • Lakukan pemeriksaan rutin dan bicaralah dengan dokter Anda tentang kecemasan Anda.

Tips Cepat:

  • Hindari berjalan di trotoar yang tidak rata dan tetap di dalam ruangan jika mungkin ketika di luar hujan.
  • Jauhi alkohol, karena dapat mempengaruhi keseimbangan dan penilaian Anda dan meningkatkan risiko jatuh.

Tidak ada komentar: